Monday 19 October 2015

BUSSINES PLAN



BUSSINES PLANNING
MIE PELANGI
Diajukan untuk memenuhi Tugas Mata kuliah Pengantar Bisnis












Oleh:
Mohammad Irfan Effendi
13080314057


FAKULTAS EKONOMI
PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
2015




BUSSINES PLAN

       I.            NAMA PERUSAHAAN
Nama perusahaan yang akan saya dirikan adalah “Mie Pelangi

    II.            URAIAN DAN KEPEMILIKAN DARI BISNIS YANG            DIUSULKAN
Usaha ini bergerak di bidang produksi yaitu pengolahan dan pemasaran mie pelangi. Mie yang dicampur bahan-bahan gurih tentu sudah biasa. Namun tak pernah terbayangkan sebelumnya mie yang dipadukan dengan bahan – bahan manis seperti buah dan yoghurt. Konsep bisnis ini menjual mie dengan rasa manis yang sehat dan berkualitas dengan warna pelangi yang menarik, konsep yang berbeda dari mie pada umumnya. Bahan utama dari mie ini adalah buah, seperti yang kita tahu bahwa buah memiliki banyak warna dan rasa buah juga memiliki kandungan yang sangat baik bagi kesehatan. Selain itu aroma khas yoghurt dicampur dengan buah yang tercium kuat dihidangan ini, dengan kekentalan saus carbanora, kuahnya menempel ke mienya yang lembut dan kenyal akan menarik minat para pembeli.

  1. ANALISIS PELUANG USAHA (KEBUTUHAN PERMINTAAN PRODUK)
Seperti yang kita tahu bahwa mie pada umumnya rasanya pedas, disini saya akan merubah konsep itu bahwa mie juga ada yang manis. Bisnis ini memiliki peluang yang besar karena tidak ada ide seperti ini sebelumnya. Dengan nama dan ide ini tentunya akan menarik minat dan rasa penasaran pembeli untuk membelinya.



 IV.            ANALISIS S.W.O.T
A.    S (STRENGHT) : KEKUATAN DARI BISNIS
Tidak memiliki pesaing karena ini merupakan ide baru, memproduksi mie dengan rasa manis yang sehat dan berkualitas tinggi, memiiki warna menarik yang dapat menarik minat pembeli terutama anak kecil.

B.     W (WEAKNES) : KELEMAHAN BISNIS
Karena bisnis ini baru, memungkinkan pelanggan yang memiliki selera tinggi ragu untuk mencicipi rasa dari mie ini, mungkin dibenak mereka akan terfikir bahwa rasa dari mie ini aneh karena beda dari mie pada umumnya. Jadi perlu meyakinkan pelanggan bahwa mie ini benar-benar enak, sehat, dan berkualitas, dan itu mungkin agak sulit.

C.    O (OPPORTUNITY) : PELUANG BISNIS
Tentunya memiliki peluang yang besar karena tidak memiliki pesaing usaha dibidang mie yang rasanya manis ini. Warnanya yang menarik dan rasa yang beda ini akan menarik minat banyak pelanggan yang penasaran.

D.    T (THREATS): ANCAMAN BISNIS
Jika mie ini cocok dengan lidah pembeli maka bisnis ini akan menjadi bisnis yang sangat menguntungkan, namun jika ternyata tidak maka bisnis ini akan terancam gagal.

    V.            PENILAIAN LINGKUNGAN BISNIS
A.    LINGKUNGAN EKONOMI
Merupakan ide yang fresh, disini akan banyak orang yang tertarik dengan rasa mie yang manis dengan warna pelangi yang menggugah selera makan dan minat pelangga untuk mencoba. Mie yang satu ini juga menyehatkan karena warna dan rasa yang didapat dari buah asli. Tentunya mereka yang sangat menjaga kesehatan makanan mereka akan membeli mie ini.

B.     LINGKUNGAN INDUSTRI
Setelah diteliti ternyata belum ada bisnis kuliner yang menyajikan mie dengan rasa manis ini, mie seperti hanya ada di Jepang saja, bisnis kuliner “Mie Pelangi” tidak memiliki pesaing di Indonesia. Jadi bisa dikatakan bahwa “Mie Pelangi” adalah bisnis kuliner pertama di Indonesia.

C.     LINGKUNGAN GLOBAL
Awalnya bisnis ini akan dipromosikan disekolah-sekolah, karena sekolah adalah lingkungan yang tepat untuk mempromosikan kuliner yang  menyehatkan seperti “Mie Pelangi” ini, selain itu disekolah juga terdapat siswa dari berbagai daerah jadi kita mendapat untung lain yaitu mereka akan bercerita kepada tetangganya dirumah bahwa disekolah mereka ada makanan unik yaitu mie pelangi. Setelah mie ini mendapat nama dimasyarakat tentunya saya akan mendirikan sebuah cafe untuk “Mie Pelangi” ini, cafe dengan konsep dan desain indoor dan outdoor serba pelangi dan buah. Dan jika usaha saya ini berhasil tentu saya akan berani mempromosikan “Mie Pelangi” ini ke kota-kota lain dengan menggunakan tekhnologi yang semakin maju yaitu internet misalnya.

 VI.            RENCANA MANAJEMEN
A.    STRUKTUR ORGANISASI
Struktur organisasi dari bisnis ini adalah sebagai berikut :
Ø  Pimpinan
Ø  Bagian produksi
Ø  Bagian pemasaran
Ø  Bagian pemasaran
Ø  Bagian keuangan
Ø  Karyawan

B.     PROSES PRODUKSI
Ø  Lokasi
Cafe ini akan didirikan ditempat yang strategis yaitu, didekat taman dan jalan raya, seperti yang kita tahu bahwa di taman terdapat berbagai kalangan dari anak kecil sampai mereka yang tua. Jadi mereka bisa menikmati mie ini ditemani suasana taman. Dan bagi mereka yang pent dijalan bisa berhenti dan berisitirahat untuk merasakan mie ini.

Ø  Desain dan tata ruang
Konsep indoor dan outdoor adalah pelanggi dan buah, lalu dibagian sebelah taman dikonsep kaca bening sehingga mereka bisa menikmati suasana taman,  ditengah tengah ruang cafe terdapat air mancur coklat dikelilingi dengan buah. Dibagian sebelah taman adalah meja dan kursi, dan dibagian yang lain dengan konsep lesehan.

Ø  Fasilitas
Cafe ini memiliki berbagai fasilitas yaitu wifi, paket couple satu paket untuk berdua, dan mereka yang memiliki kartu pelanggan akan mendapat potongan harga, dan yang terakhir adalah jasa pesan-antar untuk mereka yang tidak sempat menungjungi langsung cafe mie pelangi ini.

VII.            STRATEGI PEMASARAN
A.    PASAR TARGET
Target pemasaran mie pelangi ini adalah siswa dan mahasiswa, mereka yang masih muda pasti akan menyukai rasa dar mie pelangi ini.

B.     KARAKTERISTIK PRODUK
Usaha ini bergerak dibidang produksi yaitu mie pelangi. Bisnis ini menjual mie dengan rasa manis dan warna pelangi, warna yang alami diambil dari warna buah. Mie yang menyehatkan dan berkualitas tinggi. Tidak kalah dengan mie rasa pedas pada umumnya.

C.    HARGA
Harga masih merupakan faktor yang perlu mendapat perhatian khusus agar pangsa pasar yang dituju dapat dicapai karena sesuai dengan tingkat pendapatan  mereka. Oleh karena itu kami menawarkan harga yang cukup terjangkau oleh masyarakat khususnya mahasiswa dengan  harga mulai  Rp 7000,-.

D.    DISTRIBUSI
Pemasaran dilakukan dengan menjual dicafe, selain itu mie ini juga dijual disekolah-sekolah dan kampus. Cafe juga melayani jasa pesan-antar bagi mereka yang tidak sempat mengunjungi langsung cafe mie pelangi.

E.     PROMOSI
Untuk meningkatkan pangsa pasar maka perlu dilakukan Promosi, bentuk promosi yang akan kami lakukan antara lain memasarkan produk langsung ke calon pembeli. Mempromosikan ke sekolah-sekolah, dan promosi melalui internet.
VIII.            RENCANA KEUANGAN
A.    KEBUTUHAN DANA
1.      Pribadi 100%                                            Rp 450.000
B.     PERENCANAAN KERJA
No
Nama Kegiatan
Minggu I
Minggu II
1
2
3
4
5
6
7
1
2
3
4
5
6
7
1
Persiapan














2
Produksi














3
Pemasaran






















No comments: