Tuesday 27 October 2015

Manajemen dan Pemimpin



MAKALAH
MANAJEMEN DAN PEMIMPIN 
Diajukan untuk memenuhi Tugas Mata kuliah Kepemimpinan





Oleh:
Mohammad Irfan Effendi
138314057

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS EKONOMI
PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN
2014





BAB I
MANAJEMEN
A.    Pengertian
Secara Etimologis, Manajemen adalah kosa kata yang berasal dari bahasa Perancis kuno yaitu menegement yang berarti seni melaksanakan dan mengatur. Sejauh ini memang belum ada kata yang mapan dan diterima secara universal sehingga pengertiaanya untuk masing-masing para ahli masih memiliki banyak perbedaan.
Secara umum manajemen juga dipandang sebagai sebuah disiplin ilmu yang mengajarkan tentang proses untuk memperoleh tujuan organisasi melalui upaya bersama dengan sejumlah orang atau sumber milik organisasi. Dalam hal ini manajemen dibedakan menjadi 3 bentuk karakteristik, diantaranya adalah:
1.      Sebuah proses atau seri dari aktivitas yang berkelanjutan dan berhubungan.
2.      Melibatkan dan berkonsentrasi untuk mendapatkan tujuan organisasi.
3.      Mendapatkan hasil-hasil ini dengan berkerja sama dengan sejumlah orang dan memanfaatkan sumber-sumber dimiliki si organisasi.
Berbagai pendapat menurut para ahli tentang pngertian manajemen sendiri. Salah satu menurut Ricky W. Griffin.
Menurut Ricky W. Griffin
Manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
B.     Proses Manajemen
Ditinjau dari segi fungsinya, manajemen memiliki 4 fungsi dasar manajemen yang menggambarkan proses manajemen, semuanya terangkum sebagai berikut:
1.      Perencanaan
Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.
2.      Pengorganisasian
Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh,sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif,dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efesien guna pencapaian tujuan organisasi.
3.      Pengarahan
Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran dan produktifitas yang tinggi.
4.      Pengendalian
Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan,diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.

C.    ISI MANAJMEN
Isi Manajemen ada 4 yaitu:
1.      Manajemen Sumber Daya Manusia
Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh SDM yang terbaik bagi bisnis yang kita jalankan dan bagiamana SDM yang terbaik tersebut dapat dipelihara dan tetap bekerja bersama kita dengan kualitas pekerjaan yang senantiasa konstan ataupun bertambah.
2.      Manajemen Operasional: Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen,dengan teknik produksi yang seefesien mungkin,dari mulai pilihan lokasi produksi hingga produksi akhir yang dihasilkan dalam proses produksi.
3.      Manajemen Pemasaran: Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen,dana bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan.
4.      Manajemen Keuangan: Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit.Tugas manajemen keuangan diantaranya merencanakan dari mana pembiayaan bisnis diperoleh,dan dengan cara bagaimana modal yang telah diperoleh dialokasikan secara tepat dalam kegiatan bisnis yang dijalankan.




BAB II
PEMIMPIN
A.    Pengertian
Perbedaan pengertian pemimpin dalam artia luas dan arti sempit sebagi berikut:
1)      Pemimpin dalam arti luas, seorang yang memimpin dengan cara mengambil inisiatif tingkah laku masyarakat secara mengarahkan, mengorganisir atau mengawasi usaha-usaha orang lain baik atas dasar prestasi, kekuasaan atau kedudukan.
2)      Pemimpin arti sempit, seseorang yang memimpin dengan alat-alat yang menyakinkan, sehingga para pengikut menerimanya secara suka rela.
B.     Kekuatan Seorang Pemimpin yang Baik
Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampunyai kekuatan untuk menggerakkan roda kepemimpinannya. Kekuatan yang dimaksud yaitu ilmu, kecerdasan, keluasan wawasan, dan watak atau karakter yang unggul melebihi dari yang lain.
Pemimpin tidak cukup hanya berbekalkan keberanian, memiliki kemampuan berorasi, apalagi hanya mengandalkan tubuh yang besar dan tegap. Tidak cukup hanya mengandalkan popularitas semata untuk menjadi seorang pemimpin. Banyak sekali fenomena kepemimpinan hanya mengandalkan popularitas. Padahal seorang pemimpin harus memiliki banyak idea, prakarsa, cerdas, memiliki pandangan yang jauh ke depan, jaringan yang luas, dan tentu hati yang lembut.
Perilaku kasar apalagi tidak sopan, biasanya tidak laku dijual dan bahkan akan ditinggalkan oleh banyak orang. Pemimpin masa depan adalah orang-orang yang kaya ilmu, berjiwa besar, tahu apa yang sebenarnya dimaui dan cara meraihnya, mengerti berbagai halangan yang akan menghadang dan juga tahu cara menyelesaikannya sebelum halangan itu menimpanya.
Oleh karena itu, untuk menjadi seorang pemimpin yang baik perlu terus-terus berlatih. Berlatih menjadi pemimpin sama artinya mengumpulkan kekuatan pada dirinya sendiri. Karena dengan cara begitu, maka seseorang akan berhasil mempunyai kekuatan yang besar. Kekuatan itulah kemudian yang akan digunakan untuk menggerakkan dan mengarahkan orang lain. Akan tetapi, hal yang perlu diingat bahwa, orang lain akan bergerak manakala penggeraknya bergerak terlebih dahulu. Maka artinya, bahwa berlatih menjadi pemimpin sebenarnya juga harus lewat kemauan memimpin dirinya sendiri.















BAB III
PERAN PEMIMPIN BAGI PROSES MENEJEMEN
Berbagai pendapat menurut para ahli dan ilmuan tentang pengertian pemimpin dan peran pemimpin dalam manajemen.
Menurut saya sebagai penulis makalah ini pemimpin adalah seorang yang telah diberi kepercayaan untuk memimpin sebuah organisasi dan menjalankan manajemenya. Dalam islam ada beberapa sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, antara lain:
1.         Shiddiq yang berarti selalu berkata dan bersikap jujur serta benar.
2.         Tabligh yang berarti menyampaikan apa yang seharusnya disampaikan.
3.         Amanah yang berarti pemimpin harus bisa dipercaya.
4.         Fathanah yang berarti pemimpin harus pandai dan cerdas. 
Secara umum seorang pemimpin harus bisa mewujudkan tujuan dari organisasi, dan sifat-sifat yang diatas tersebut menunjang dan memperjelas peran dan tugas seorang Pemimpin

No comments: